Rabu, 17 September 2014

MAHASISWA baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mulai menunjukkan antusiasmenya mengikuti kegiatan di luar perkuliahan. Hal itu terlihat dari banyaknya maba yang meramaikan sejumlah stand organisasi kemahasiswaan (ormawa) yang berjejeran di ruas jalan depan pespustakaan pusat UMM, Rabu (17/9).
      Di UMM, menurut kepala bagian minat dan bakat biro kemahasiswaan UMM Harry Wijaya, terdapat 26 unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang aktif menjalankan programnya. Itu belum termasuk lembaga intra kampus, organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah, lembaga semi otonom (LSO) di level fakultas, serta komunitas mahasiswa seperti StandUp Comedy dan Media Mahasiswa.
      “Alhamdulillah, antusiasme mahasiswa untuk berorganisasi terus meningkat. Jika tidak terwadahi dalam UKM, mereka akan membentuk komunitas, StandUp Comedy adalah salah satunya, walaupun bukan UKM tapi aktivitasnya sangat produktif,” papar Harry.
      Banyaknya ormawa, lanjut Harry, membuat maba memiliki lebih banyak alternative dalam memilih UKM mana yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Bagi mahasiswa peminat fotografi misalnya, mereka bisa mengikuti salah satu dari tiga organisasi, yaitu UKM Focus, LSO Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc) dan Media Mahasiswa. Tentu saja, masing-masing ormawa tersebut memiliki cirri khas, misalnya Media Mahasiswa yang mengajarkan fotografi khusus kepentingan media massa.
      Bagi Harry, ormawa tidak sekadar penyaluran minat bakat, namun sekaligus sebagai wadah untuk meminimalisir aktivitas negatif mahasiswa di luar perkualiahan. “Biasanya maba kan masih semangat-semangatnya, karena itu energi mereka harus diarahkan ke hal-hal yang positif,"tuturnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar