Rabu, 17 September 2014

Perkembangan Laptop Masa Kini

Dahulu, Super komputer biasanya identik dengan mesin-mesin ‘segede gajah’. Melalui risetnya, banyak teknologi developer kini merancang super komputer agar muat dalam mesin sebesar laptop.
Lazimnya, superkomputer terdiri dari ribuan prosesor individu yang terhubung dengan bermil-mil kabel tembaga. Riset penggunaan denyutan cahaya melalui silikon sebagai pengganti sinyal elektrik pada kabel untuk mengirimkan informasi di antara inti prosesor akan memangkas ukuran superkomputer.
Superkomputer super langsing ini diklaim hanya akan menghabiskan energi setara dengan bola lampu, lebih hemat dari mesin saat ini yang menghabiskan energi setara untuk mengaliri ratusan rumah. Proses di dalamnya memanfaatkan modulator elektro optik silikon Mach Zehnder untuk mengubah sinyal elektrik menjadi denyut cahaya.
Konferensi Forum Developer di Beijing, baru-baru ini mendapatkan hentakan berita hangat dari Intel. Tahun depan mereka akan membekali laptop-laptop terbaru dengan teknologi Quad Core. Membenamkan empat buah prosesor Core merupakan rencana Intel tahun 2008 nanti. Langkah ini ditujukan bagi para pecinta komputer mobile dan gamers mobile mania yang membutuhkan konsumsi tenaga laptop lebih lama dari biasanya.
Selain itu, keinginan para pengguna laptop (para gamer dan video editor) yang menginginkan kekuatan prosesor yang berlebih, melatarbelakangi rencana Intel ni. Oleh karena itu, intel menegaskan bahwa pada kemunculan pertamanya nanti, prosesor quadcore ini tidak akan dibenamkan pada notebook-notebook standar kalangan pebisnis. “Quad core tidak akan ditujukan bagi high end users karena mereka hanya membutuhkan core standar untuk memainkan aplikasi yang mereka miliki,” kata Mooly Eden, vice president and general manager of Intel’s mobile platform group, seperti dikutip PC World, Senin (4/6/2007).
 

Jenis Ukuran Laptop
Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sekali model laptop yang ada di masyarakat. Secara garis besar, model laptop dapat terbagi menjadi :
a. Ultraportables
Laptop ini menggunakan ukuran layar 12”, diukur secara menyilang. Dengan berat sekitar 1,7 kg, laptop ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Sayangnya keyboard yang digunakan pada laptop ini bukanlah keyboard yang full-size. Laptop ini biasanya digunakan oleh kalangan pengusaha yang sering melakukan perjalanan tanpa harus menunda pekerjaannya, karena mudah dibawa ke mana saja. Laptop ini mempunyai harga yang sangat mahal karena menggunakan baterai yang tahan lama dan dilengkapi dengan CPU yang hemat energi dan grafik yang sudah terintegral.

b. Thin-and-Lights
Laptop ini mempunyai berat antara 1,8 hingga 2,8 kg dengan layar 12” – 14”. Laptop ini sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana saja kita mau. Dengan bentuk yang tipis, laptop ini tidak memakan banyak tempat dalam membawanya. Walaupun tipis, namun kemampuan laptop ini tidak kalah dengan laptop lain yang berukuran standar.
c. Medium-size Laptop
Laptop ini biasanya mempunyai layar dengan ukuran 14” – 15,4”. Dengan berat sekitar 3 – 3,5 kg, laptop ini tidak terlalu memberatkan orang yang membawanya. Laptop ini biasanya sedikit mengorbankan tenaga komputer dengan dimensi yang kecil, Walaupun kemampuan panjang dan lebarnya terbatas oleh layar yang ada. Laptop ini memiliki baterai yang dapat beroperasi lebih lama dibandingkan dengan yang lain.
d. Desktop Replacement Computer
Ini adalah laptop dengan kemampuan penuh, layaknya komputer meja. Biasanya komputer ini digunakan di tempat yang tetap, walaupun dapat dibawa sewaktu-waktu. Hal ini mengingat berat dan ukurannya yang tidak begitu mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, model laptop ini mempunyai kemampuan yang sama dengan komputer biasa, desktop ini menggunakan layar yang cukup lebar, sekitar 17” – 20”. Selain itu, karena kemampuannya yang begitu besar, daya tahan batera

Posted by alwidipa09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar